Sabtu, 28 September 2019

Makalah Komputerisasi Pembelajaran Fisika


  MAKALAH
  KOMPUTERISASI PEMBELAJARAN FISIKA
PENGENALAN BLOG



Disusun Oleh:

Husniada_H0417322



Dosen Pengampu:  Musdar M  S.Pd,M.Pd



 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS  KEGURUAN DAN ILMU  PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SULAWESI BARAT
MAJENE
2019





KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan begitu banyak nikmat yang mana makhluk-Nya pun tidak akan menyadari begitu banyak nikmat yang telah didapatkan dari Allah SWT. Selain itu, kami juga merasa sangat bersyukur karena telah mendapatkan hidayah-Nya baik kesehatan maupun pikiran.
            Dengan nikmat dan hidayah-Nya pula kami dapat menyelesaikan penulisan tugas mata kuliah Metodologi Penelitian dengan topik  inti “ Pengenalan Blog” ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada Musdar M S.Pd,M.Pd. Selaku  dosen pengampu mata kuliah Metodologi Penelitian serta semua pihak yang turut membantu proses penyusunan makalah ini.
            Kami menyadari makalah ini masih bersifat sederhana dan terbatas baik isi maupun kajiannya.Oleh karena itu,diperlukan saran dan kritik guna memperbaiki penyusunan makalah selanjutnya.
            Demikian,  semoga makalah ini dapat menambah wawasan dan memberi manfaat bagi pembaca dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkaitan dengan  pengantar pendidikan.


Majene, 24  September 2019



Penulis







DAFTAR ISI

Kata Pengantar.............................................................................................. i
Daftar Isi....................................................................................................... ii

BAB I PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang....................................................................... 1
2.      Rumusan Masalah................................................................... 1
3.      Tujuan..................................................................................... 2

BAB II PEMBAHASAN
A.    Pengertian Blog........................................................................ 3
B.     Sejarah Perkembangan Blog..................................................... 4
C.     Cara Pembuatan Blog………………………………………….5
D.    Manfaat Menggunakan Blog.................................................... 14

BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan........................................................................... 15
B.     Saran .................................................................................... 16
Daftar Pustaka............................................................................................ 17











BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
                 Semakin berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan di iringi juga dengan perkembangan zaman yang cepat, sehingga tidak menutup kemungkinan berpengaruh pada pola kehidupan manusia yang semakin maju terutama pada aspek kehidupan keseharian, dalam menggunakan ilmu teknologi.
WAP ( Wireless Application Protokol ) merupakan suatu bentuk aplikasi yang dibuat dengan menggunakan Wireless Markup Language (WML)bahasa yang digunakan untuk membuat aplikasi yang dapat digunakan pada telepon selular.   Dengan menggunakan wireless sebagai penghubung antara aplikasi dan server.
Mengingat semakin padatnya aktifitas di kehidupan zaman modern ini, maka tidak dipungkiri lagi membuat keterbatasan dalam setiap hal kehidupan sehari-hari. Misalnya keterbatsan waktu untuk melakukan transaksi secara langsung dalam pemesanan tiket perjalanan baik udara, darat maupun laut. Seperti yang kita ketahui untuk memudahkan masalah tersebut, fasilitas telepon selular dengan aplikasi WAP dan internet pada zaman sekarang ini yang semakin bertumbuh pesat setiap tahunya, adalah salah satu solusi yang dapat memudahkan pengguna untuk mengakses atau mendapatkan informasi terupdate secara online .

B.    Rumusan Masalah
1.    Apa yang dimaksud dengan blog?
2.    Bagaimana sejarah perkembangan blog?
3.    Bagaimana cara membuat blog?
4.    Apa saja manfaat dari blog?
C.      Tujuan
1.      Memahami pengertian blog.
2.      Memahami sejarah perkembangan blog.
3.      Mengetahui cara membuat blog.
4.      Memahami manfaat dari blog.




























BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

A.      Pengertian Blog
Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997.  Jorn Barger menggunakan   istilah  Weblog   untuk  menyebut   kelompok  website pribadi  yang  selalu  diupdate  secara  kontinyu  dan  berisi  link-link  ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Secara garis besar, Weblog dapat dirangkum sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan  para pembuatnya  menampilkan berbagai   jenis   isi   pada  web   dengan  mudah,   seperti   karya   tulis, kumpulan   link   internet,   dokumen-dokumen(file-file  Word,PDF,dll), gambar ataupun multimedia. Para   pembuat   blog   dinamakan  Blogger.  Melalui  Blognya, kepribadian  Blogger  menjadi  mudah  dikenali  berdasarkan   topik  apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih dan isu-isu   didalamnya.  Oleh   karena   itu   Blog   bersifat   sangat   personal. Perkembangan lain dari Blog yaitu ketika Blog memuat tulisan tentang apa  yang   seorang  Blogger  pikirkan,   rasakan,  hingga  apa  yang  dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi Diary Online yang berada di Internet. Satu-satunya hal yang membedakan Blog dari Diary atau  Jurnal  yang  biasa  kita  miliki  adalah  bahwa  Blog  dibuat  untuk dibaca   orang   lain.  Blogging,   atau   dalam   pengertian   Indonesianya ngeblog   dengan   merujuk   tulisan   diatas,   merupakan   aktifitas memperbaharui   blog.   Baik  mempublish   /  menerbitkan   postinganterbaru, mereply komentar yang masuk, mempromosikan blog dengan mensubmit ke berbagai direktory, dan yang lainnya.Blogging,   atau   ngeblog   merupakan   aktifitas   yang menyenangkan.  Di  antaranya  dengan  blogging  kita  bisa  menambah ilmu  pengetahuan  kita tentang  dunia maya dan seluk-beluknya, juga bisa menambah teman-teman baru dari berbagai belahan dunia dengan beragam latar belakang.“berjalan diantara maraknya blog”Disebut   juga  blogwalking.  Blog  walking  merupakan   sebuah aktivitas   (ketika   sedang   blogging)  mengunjungi   blog   orang   lain. Diantara manfaatnya adalah dengan melakukan blogwalking, kita akan endapatkan   pengetahuan   lebih,   memberikan   komentar,   dan meninggalkan jejak.“Jadwalkan  blogging 
anda”  Ya.  Salah   satu   tips  menjadikan blog terkenal adalah menjadwalkan aktivitas anda. Baik untuk mengisi posting atau pun blogwalking.

B.       Sejarah Perkembangan Blog
         Blog  pertama  kemungkinan  besar  adalah  halaman  "What’s  New" pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Kemudian  pada  Januari  1994  Justin  Hall  memulai  website pribadinya "Justin’s  Home Page" yang kemudian  berubah  menjadi "Links from the Underground" yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan  khusus   tentang  pembuatan  website,  HTML,  dan  web hosting   untuk   membuat   Blog,   sehingga   hanya   mereka   yang berkecimpung  di  bidang  Internet,  System  Administrator  atau  Web Designer yang  kemudian  pada waktu  luangnya menciptakan  Blog-Blog mereka sendiri. Namun saat ini, kita tidak perlu menjadi seorang programmer untuk  menjadi   seorang  Blogger,  karena  kita  dapat  menampilkan seluruh isi dalam web dengan mudah melalui menu editor yang telah disediakan.
Keuntungan dari penggunaan Weblog antara lain:
1. Melalui weblog,kita dapat memperluas  hubungan teman/ kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar.
2. Weblog melebihi surat elektronik (Email), karena satu posting blog yang  anda  bahas,  dapat  dibaca  oleh  pengunjung  blog  yang   tak terbatas.  Beda  dengan  email  yang  hanya  bisa  dibaca  oleh  orang yang kita kirimkan. Selain itu, pengunjung blog juga dengan cepat dapat memberikan respon terhadap posting blog melalui komentar yang dapat langsung dituliskan di blog tersebut.
Seiring   perkembangan   weblog   dari   waktu   ke   waktu, pengertian weblog juga akan berkembang seiring dengan ide - ide dan kemauan para Blogger.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar
Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog (SPAM).

C.   Cara Pembuatan Blog
                 
Berikut langkah-langkah pembuatan blog di Wordpress,yaitu:

1.      Tahapan Pembuatan Blog di WordpressKetik pada URL : www.wordpress.com
2.      Sign Up dengan mengisikan semua form yang disediakan dengan data yang sesuai dan email yang valid
3.      Klik tombol "Create Blog"
4.      Masuk kealamat email yang kita daftarkan dalam form
5.      Buka Inbox
6.      Buka pesan email yang dikirimkan team wordpress
7.      Klik tulisan "http://signup.wordpress.com/activate/.......”
8.      Sign In dengan menggunakan user dan password yang sudah kita daftarkan
9.      Jangan lupa setting dengan bahasa indonesia, agar kita lebih cepat memahami perintah-perintah yang ada pada WordPress, caranya: Pilih “Personal Setting” lalu cari kaimat “interface language” kemudian pilih “Bahasa Indonesia” kemudian cari disudut kiri bawah kalimat “save changes” kemudian klik, setelah di save maka kita sudah bisa mengelola WordPress dengan mudah
Notes : Jika kita sudah benar-benar mahir dalam menggunakan WordPress dan sudah paham tata letak dan pengaturan secara detail, maka sebaiknya kita kembalikan menggunakan bahasa inggris, hal tersesebut agar nantinya saat kita membuka blog orang lain dengan menggunakan bahasa inggris kita sudah tidak kesulitan lagi, karena sudah paham artinya dari apa yang diperintahkan oleh blog berbahasa inggris tersebut
10.  Tentukan Tema, dan Poskan tulisan anda

Klik “Lihat tulisan” maka tulisan anda akan termuat kedalam Blog. Maka sekarang anda sudah dapat memiliki website pribadi yang bagus dan indah

Tips dan mengelola WordPress agar terlihat rapih dan cantik
1.      Cara agar dapat menambahkan halaman pada WordPress agar terlihat seperti website-website perusahaan seperti kolom “Menu” Profile” Kontak” dan lain-lain
1.      Caranya adalah sebagai berikut:
1.      Klik tulisan “akunku” kemudian pilih edit profile
2.      Pilih tombol “halaman” pada menu
3.      Klik “Tambahkan Baru”
4.      Masukkan Judul contoh: “PROFILE”
5.      Kemudian isi kalimat pada kolom dibawahnya
6.      Setelah selesai mengisi artikel pada kolom kemudian klik tombol “perbaharui” yang berwarna biru yang ada disebelah kanan layar
7.      Jika ingin melihat hasil halaman yang telah kita buat maka klik “lihat halaman”  yang ada pada atas kolom tulisan disebelah kiri
8.      Selamat mencoba!
2.      Cara agar dapat menambahkan kategori
1.      Caranya adalah
1.      Klik Menu Tulisan
2.      Pilih tombol “kategori/categories”
3.      Masukkan judul kategori
4.      Isi Kolom “Keterangan/Description”
5.      Kemudian Klik “ Tambahkan Kategori “
6.      Maka Kategori yang anda inginkan sudah bertambah
7.      Lakukan hal yang sama jika ingin menambahkan kategori sesuai yang kita inginkan
3.      Cara agar dapat merubah tampilan tema
1.      Caranya adalah
1.      Cari menu “Tampilan” kemudian klik dan pilih “tema” kemudian akan tampil “Browse Themes”
2.      Dari berbagai pilihan yang terpampang di depan layar monitor anda pilihlah tema yang anda inginkan
3.      Tema disini terbagi menjadi 2, ada yang premium dan ada yang tidak berbayar
4.      Saran saya pilihlah tema yang tidak ada tulisan premium dengan mengklik “aktifkan”

















5.      Untuk melihat hasil penggantian tema tersebut anda hanya tinggal mengklik “lihat situs” pada halaman paling atas akan terlihat tulisan “Telah mengaktifkan tema baru. Lihat situs



















6.      Hasil dari penggantian tema tersebut dapat dilihat pada gambar dibawah ini:















4.      Cara agar dapat menambahkan Foto, Video, dan Audio pada “halaman”
1.      Caranya adalah:
1.      Klik “Halaman/Page”
2.      Misalkan kita ingin menyisipkan foto pada halaman yang sudah jadi, maka kita hanya tinggal sunting saja, kemudian klik sisipkan Gambar, Video, Audio, tombol tersebut ada disebelah tulisan “unggah/upload”
3.      Setelah itu akan muncul gambar seperti dibawah ini:

 





















4.      Kemudian klik “pilih berkas” kemudian setelah berkas sudah di upload 100% maka klik “simpan dokumen”














5.      Jika ingin melihat hasil unggahan/upload foto yang sudah kita kerjakan, anda hanya tinggal klik “lihat halaman” hasilnya adalah sebagai berikut:

























5.      Cara membuat blog baru pada user yang sama
1.      Kalau ini sangat mudah sekali, kita hanya tinggal klik “blog ku” pada menu yang ada diatas kemudian klik “new blog”
2.      Silakan cerate seperti awal mula kita membuat blog
3.      setelah itu anda kelola sama seperti blog sebelumnya
6.      Cara agar  Blog banyak dikunjungi oleh pengguna internet lain
1.      Bagi kita yang mempunyai blog/website, tapi kurang pengunjung. Mungkin kita membutuhkan tips-tips berikut ini supaya blog kita mendapatkan banyak pengunjung. Berikut ini 10 tips agar blog/website banyak dikunjungi:
1.      Anda tawarkan content orisinil. Sangat penting untuk memberikan informasi yang tidak tersedia di website lain kepada pengunjung website anda.
2.      Anda tawarkan software gratis. Banyak orang yang mengakses internet ingin mencari-cari software-software GRATIS yang dapat digunakan di komputer pribadinya. Misalnya: kalender, game-game ringan, organizer, reminder, dll.
3.      Anda tawarkan Quiz atau Polling. Sudah menjadi karakter seseorang yang ingin memenangkan sesuatu. Coba anda buat quiz atau contest sederhana untuk membuat seseorang berhenti di website anda. Misalnya: Polling mengenai kebijakan pemerintah, atau quiz menebak gambar seseorang dll.
4.      Anda buat directory yang menampung daftar alamat atau daftar mailing list, yang kira-kira dibutuhkan oleh seseorang di internet.
5.      Anda tawarkan kepada pengunjung anda E-zine GRATIS. Seseorang kadang membutuhkan informasi secara reguler yang masuk ke INBOX emailnya, karena hal ini dapat menghemat banyak hal, misalnya waktu.
6.      Anda bangun komunitas melalui website anda. Misalnya anda menggalang orang-orang yang punya hobby mengkoleksi perangko, anda buatkan forum diskusi untuk wadah para kolektor perangko tersebut.
7.      Anda tawarkan program afiliasi kepada pengunjung website anda. Seseorang membutuhkan uang, mungkin untuk menutup biaya operasional selama dia mengakses internet. Dengan anda membuat program afiliasi, maka pengunjung akan lebih sering mengakses website anda.
8.      Anda sediakan di website utilitas yang mungkin bermanfaat untuk pengunjung website anda. Misalnya: email gratis, free auto-responder, search engine, dll.
9.      Dan tidak kalah penting, anda dapat menyediakan berita yang terkini. Bisa anda batasi, misalnya berita khusus kriminal, atau berita khusus ekonomi, dll.
10.  Anda punya produk yang ingin ditawarkan? Sediakan free sample di website anda.
2.      Cara menembah aplikasi jam dan kalender pada WordPress
1.      Ketik “clock for wordpress” di mesin pencarian Google kemudia klik salah satu hasil pencarian
2.      Pilihlah aplikasi jam yang di inginkan dengan mengklik salah satunya
3.      Kemudian klik “Get started/ get widget” pada tulisan dibawah aplikasi jam
4.      Apabila muncul pilihan blog, pilihlah logo “W” yang berarti wordpress
5.      Masukkan username dan password kemudian klik ok

Setelah kita mengikuti semua langkah tersebut, maka kita bisa kapan saja menulis dalam blog pribadi kapan saja dan jangan lupa undang teman-teman dalam dunia maya anda untuk ikutan Comment dalam artikel yang telah kita buat.
           Apabila Blog kita ingin terkenal maka jangan sungkan berkunjung ke blog-blog lain dan berikan komentar. Pada saat memberikan komentar jangan lupa juga untuk mengutip alamat Blog yang sudah kita buat sebagai media promosi.
Saat ini dimanapun kita berada kita dapat menuiskan pengalaman kita dimanapun dan kapanpun dikarenakan wordpress saat ini sudah bisa kita nikmati di genggaman kita yaitu Phone Cell, sangat mudah bukan
          Di era yang begitu bebas berkarya saat ini ilmu pengetahuan di dunia teknologi terus berkembang pesat, begitu pula dengan perusahaan IT, bayak dari mereka yang menyediakan layanan blog tidak berbayar, seperti Blog Yahoo, Blogspot, Blog Friendstrer, Blog Multiply, Blog Detik, Blog Kompasiana dan masih banyak lagi,Jadi tidak ada alasan bagi kita untuk ketinggalan teknologi karena sekarang aksesnya sudah sangat mudah.

            D. MANFAAT BLOG
Kegunaan Blog untuk dunia pendidikan adalah blog sebagai media penyampai informasi dari guru kepada murid atau dosen kepada mahasiswannya, karena blog sifatnya online maka penyampaian informasi diharapkan merata. Serta bagi siswa atau mahasiswa dapat mengirimkan tugas-tugas kepada guru kapan saja dan dimana saja. Dengan adanya blog dari guru atau dosen kita dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang. Selain itu kita juga dapat berkomunikasi dengan guruatau dosen setiap saat, misalnya melalui chatting dan email. Mengingat sumber belajar yang sudah dikemas secara elektronik dan tersedia untuk diakses melalui internet, maka kita dapat melakukan interaksi dengan sumber belajar ini kapan saja dan dari mana saja, juga tugas-tugas pekerjaan rumah dapat diserahkan kepada guru/dosen begitu selesai dikerjakan. berikut manfaat blog dalam dunia pendidikan:
1.                   Blog sebagai Sumber Informasi
Dalam dunia pendidikan dibutuhkan berbagai macam pengetahuan. Untuk itu guru dan siswa haruslah memiliki berbagai macam buku untuk mengembangkan pengetahuannya. Nah selain buku, ada satu wadah praktis yang bisa dimanfaatkan yaitu blog. Kita bisa mencari berbagai macam pengetahuan dari blog-blog yang ada didunia maya. Memang tingkat keakuratannya tidak begitu tinggi, namun sangat bermanfaat sebagai pelengkap dari pengetahuan yang kita miliki. Karena sebagai mana kita ketahui, internet merupakan jaringan yang sangat cepat, sehingga informasi terbaru juga akan lebih cepat didapatkan. Tentu saja ini membantu penambahan sumber informasi bagi dunia pendidikan, baik itu untuk guru maupun siswa.
2. Blog sebagai Media Pembelajaran
Pernahkah sobat melakukan belajar online bersama guru didunia maya? Ya, semakin pesatnya teknologi memang memungkinkan semua itu akan terjadi. Belajar bisa dilakukan dari jarak jauh dengan menggunakan blog. Biasanya guru yang akan menyediakan bahan diblognya, kemudian para siswa akan dituntut untuk membuka blog tersebut untuk mengikuti proses pembelajaran. Suatu kegiatan yang mungkin terjadi saat ini.
3. Blog sebagai Penunjang Bakat dan Minat
Fenomenanya pada saat sekarang ini, tidak semua siswa yang suka ngeblog. Beberapa diantara siswa lebih memilih bakat didunia nyata dibandingkan dunia maya. Contohnya siswa yang suka basket, dia tidak akan suka ngeblog. Biasanya siswa yang suka ngeblog itu adalah siswa yang hobby fotografi, sastra, seni atau lainnya. Dengan demikian siswa yang hobi fotografi akan dengan mudah memampangkan hasil karya mereka diblognya. Siswa yang hobi sastra akan lebih senang menulis diblognya. Siswa yang hobi seni akan lebih sering memampangkan drama teater diblognya. Otomatis blog sangat berfungsi bagi du, nia pendidikan salah satunya menunjang bakat dan minat siswa.
4. Blog sebagai Sarana Promosi Institusi
Dengan blog, sebuah institut pendidikan bisa mempromosikan diri. Ini sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Sebagai calon siswa kita akan dengan mudah mengetahui informasi tentang sebuah institut pendidikan dari blog khusus yang mereka miliki.
Mungkin hanya sekian manfaat blog untuk dunia pendidikan yang bisa saya telaah. Memang jika dikaji lebih lanjut, tidak akan ada habisnya manfaat blog bagi dunia pendidikan. Semuanya akan berkaitan antara satu dan lainnya. Baik guru maupun siswa apalagi pada era milinium sekarang ini, yang tidak bisa lepas dari peran dunia sosial media, salah satunya melalui sebuah blog. Namun, yang harus diwaspadai yaitu penyalahgunaan blog. Terkadang banyak juga guru yang memanfaat siswanya untuk mengambil keuntungan pribadi. Contohnya mendownload file, mengklik iklan, dan lain sebagainya. Boleh memang menyuruh siswa mendownload file yang dibutuhkan untuk proses belajar mengajar, tapi alangkah baiknya jika tidak dijadikan ajang pengambilan keuntungan. Karena perilaku tersebut sama saja mengajari peserta didik untuk melakukan tindakan plagiat. Sangat tidak profesional jika seorang guru memanfaatkan siswanya untuk mengambil keuntungan dari blog yang dimilikinya. Maka dari itu, manfaatkanlah blog ini sebagaimana mestinya.








































BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997.  Jorn Barger menggunakan   istilah  Weblog   untuk  menyebut   kelompok  website pribadi  yang  selalu  diupdate  secara  kontinyu  dan  berisi  link-link  ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Secara garis besar, Weblog dapat dirangkum sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan  para pembuatnya  menampilkan berbagai   jenis   isi   pada  web   dengan  mudah,   seperti   karya   tulis, kumpulan   link   internet,   dokumen-dokumen(file-file  Word,PDF,dll), gambar ataupun multimedia. Para   pembuat   blog   dinamakan  Blogger. Blog berfungsi sebagai  media penulisan online yang banyak digunakan oleh banyak pengguna internet  sekarang ini ada berbagai macam penyedia layanan blog, dari yang gratisan sampai yang berbayar sebagai awal tentu saja mengunakan fasilitas bloging yang gratisan sudah cukup.
Kegunaan Blog untuk dunia pendidikan adalah blog sebagai media penyampai informasi dari guru kepada murid atau dosen kepada mahasiswannya, karena blog sifatnya online maka penyampaian informasi diharapkan merata. Serta bagi siswa atau mahasiswa dapat mengirimkan tugas-tugas kepada guru kapan saja dan dimana saja. Dengan adanya blog dari guru atau dosen kita dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang. Selain itu kita juga dapat berkomunikasi dengan guruatau dosen setiap saat, misalnya melalui chatting dan email. Mengingat sumber belajar yang sudah dikemas secara elektronik dan tersedia untuk diakses melalui internet, maka kita dapat melakukan interaksi dengan sumber belajar ini kapan saja dan dari mana saja, juga tugas-tugas pekerjaan rumah dapat diserahkan kepada guru/dosen begitu selesai dikerjakan.

B.       Saran
Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kata sempurna,maka saran dan kritik kami harapakan dari pembaca untuk menjadi pembelajaran dalam pembuatan makalah selanjutnya.

























DAFTAR PUSTAKA


Shelda audit. 2019. Cara-membuat-blog
http://jalantikus.com/tips/cara-membuat-blog. Diakses  22 september 2019

Nuraini.Adindafitriani. manfaat blog dalam dunia pendidikan

Zalmedia. 2018. Pengertian dan perkembangan blog



1 komentar:

About Physics